Minggu, 16 Juni 2013



Apa itu Perpustakaan?

Perpustakaan
berasal dari kata pustaka yang artinya kitab atau buku.Perpustakaan dalam bahasa Arab berarti maktabah, bibliotheca (bahasa Italia), bibliotheque (bahasa Perancis), bibliothek (bahasa Jerman), bibliotheek(bahasa Belanda). Akar kata library adalah liber (bahasa latin) artinya buku, sedangkan akar kata bibliotheekadalah biblos yang artinya buku (Yunani), sebagai bentuk lanjut perkembangan kata ini, dalam kehidupan sehari-hari sering dikenal Bible  artinya Alkitab. Dengan demikian istilah perpustakaan selalu dikaitkan dengan buku atau kitab.
Perpustakaan memiliki beberapa prinsip :
-Diciptakan oleh masyarakat
-Dipelihara oleh masyarakat
-Terbuka untuk semua orang
- Harus berkembang
-Pengelolaannya harus orang yang berpendidikan.

            Perpustakaan apabila dikelola secara profesional oleh ahlinya, maka  perpustakaan dapat menjalankan tugas yang menjadi tanggung jawab perpustakaan dan dapat memberikan pelayanan prima terhadap pengguna perpustakaan yang terdiri dari berbagai lapisan masyarakat. Perpustakaan harus memberikan pengaruh yang kuat kepada masyarakat, karena kemajuan masyarakat menunjukkan kemajuan perpustakaan baik dalam bidang ilmu pengetahuan, budaya,   sosial dan lainnya dan begitu sebaliknya, sehingga perpustakaan dan masyarakat harus saling memberikan feed back yang baik. Perpustakaan menjadi barometer atas kemajuan  masyarakat yang dilihat dari intensitas kunjungan dan pemakaian perpustakaan. Sebab masyarakat yang sudah maju dapat ditandai oleh perpustakaan yang sudah maju, dan sebaliknya masyarakat yang sedang berkembang biasanya belum memiliki perpustakaan yang memadai dan representatif.
Perpustakaan merupakan salah satu simbol peradaban umat manusia, sehingga masyarakat yang telah memiliki perpustakaan yang sudah berkembang baik dan maju, maka masyarakat itulah yang diindikasikan sebagai masyarakat yang berperadaban tinggi karena pada dasarnya perpustakaan merupakan bagian dari budaya suatu bangsa, khususnya yang berkenaan dengan budaya literasi, budaya baca, budaya tulis, dokumentasi dan informasi. Dan
kebudayaan itu sendiri dapat diartikan sebagai hasil cipta, karsadan karya manusia yang terjadinya membutuhkan waktu dan proses yang panjang. Setelah diadaptasi, diuji, dikaji dan diterima oleh masyarakat.



Apa tugas Perpustakaan?


          Perpustakaan sebagai salah satu sarana penyedia informasi memegang peran penting dalam pembentukan masyarakat berdaya saing.Karena untuk membentuk masyarakat berdaya saing, tentu harus diawali dengan pemberian infomasi yang memadai. Akan tetapi peran penting perpustakaan seolah mengalami kemandulan. Karena saat ini, perpustakaan menjadi salah satu tempat yang anti dikunjungi oleh sebagian besar masyarakat  Indonesia. Kesan sebagai tempat yang membosankan begitu melekat dengan perpustakaan, sehingga perannya sebagai sarana memperoleh informasi dan pengetahuan menjadi sesuatu yang tidak dapat dirasakan sebagian besar masyarakat Indonesia.
Ketidakmerataan pembangunan fasilitas perpustakaanpun menjadi penyebab lain yang mengakibatkan adanya kemandulan fungsi perpustakaan.
Secara harfiah, perpustakaan adalah sebuah ruangan, bagian gedung, atau gedung itu sendiri yang digunakan untuk menyimpan buku dan terbitan lainnya yang biasanya disimpan menurut susunan tertentu untuk digunakan pembaca, bukan untuk dijual.
          Dapat disimpulkan bahwa  fungsi perpustakaan adalah untuk mendayagunakan apa yang tersimpan di dalamnya untuk kepentingan orang banyak. Agar peran perpustakaan dapat dirasakan orang banyak, harus ditempuh  langkah-langkah  yang perlu dilakukan adalah membuat perpustakaan ideal yang nyaman dan mengasyikan sehingga orang menjadikan perustakaan sebagai salah satu tempat kunjungan favorit, yaitu :

1. Penataan ruangan, rakbuku, dan bentuk bangunan pepustakaan.
2. Penyediaan sumber daya manusia perpustakaan yang cakap. 
3. Kerjasama dengan perpustakaan lain baik dalam negeri maupun perpustakaan internasional
4. Penyediaan fasilitas pendukung

                  Dari analisa tersebut, dapat dipaparkan bahwa mandulnya peran perpustakaan sebagai sarana penyedia informasi dalam upaya pembentukan masyarakat Indonesia yang berdaya saing dapat diatasi dengan perbaikan pelayanan perpustakaan. Perbaikan pelayanan yang dimaksudkan adalah langkah perbaikan menuju pembangunan perpustakan ideal.




AHMAD NAUFAL/11140024/C/IDKS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar